“Whole Brain Teaching” Metode Sakti Manajemen Kelas


Kelas! Seru seorang guru 
Ya! Jawab murid-murid dengan nada dan intonasi yang serupa.
KELAS! Ulang guru dengan suara yang dibuat lebih berat, ngebas.
YA! Jawab murid-murid sambil tertawa dalam usaha menirukan suara bas gurunya, dan murid-murid pun langsung focus penuh terhadap guru tersebut dengan wajah yang penuh minat.

Itu adalah cuplikan video salah satu dari banyak teknik whole brain teaching yang saya temukan dalam rangka mencari metode yang menjawab kegelisahan saya. Selama ini saya bertanya dalam hati, masak sih tidak ada metode yang bisa membuat anak-anak senang dalam belajar tanpa perlu ada ketegangan dan pada saat yang bersamaan materi yang diajarkan bisa ditangkap murid-murid.  Meminjam istilah dunia marketing, metode yang win win win, guru win karena bisa mengelola kelas dengan baik, murid win karena pembelajaran menjadi seru dan tidak membosankan, sekolah win karena kurikulum bisa dilaksanakan.

Whole Brain Teaching yang semula di kenal sebagai power teaching merupakan reformasi pendidikan yang sedang bergulir di amerika. Terakhir tercacat kunjungan ke web site ini (wholebrainteaching)per harinya menembus angka 5.000 kunjungan atau 150.000 kunjungan per bulannya. Melihat forum di situs tersebut terlihat beberapa negara diluar Amerika pun sudah mulai menggunakan metode ini. Tapi saya kok belum menemukan yang dari Indonesia ya? Sebenarnya ada satu guru dari Indonesia (tepatnya guru smp di semarang), yang terlihat di baris komentar salah satu blog anggota whole brain teaching.

Melihat keefektifan metode “WholeBrainTeaching” dan belum banyaknya guru yang mengenal metode ini, saya terdorong untuk berbagi informasi yang diperoleh dari situs ini. Bagi rekan guru yang ingin langsung belajar first hand bisa langsung mengaksesnya secara langsung di situs http://wholebrainteaching.com. Banyak tersedia link video dan e-book mengenai metode whole brain teaching, semuanya gratis, tinggal bagaimana kestabilan jaringan internet Bapak/Ibu. Beberapa e-book mensyaratkan bukti telah berbagi atau mengirimkan link situs ini ke minimal 10 rekan guru yang lain, cukup fair. Bagi rekan guru yang terkendala jaringan internet dan hal lainnya bisa mengikuti blog ini yang perkembangannya akan saya informasikan di group fb inspirasi guru indonesia
.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya
Hafun. 

Popular posts from this blog

Kumpulan Tips dan Teknik Mengajari Anak Membaca

Guru Juga Manusia